materi : KUNCI JAWABAN Sosiologi SMA/SMK Kelas Sepuluh KURIKULUM 2013
Judul : KUNCI JAWABAN Sosiologi SMA/SMK Kelas Sepuluh KURIKULUM 2013
KUNCI JAWABAN Sosiologi SMA/SMK Kelas Sepuluh KURIKULUM 2013
Artikel sosiologi, KUNCI JAWABAN Sosiologi SMA/SMK Kelas X(sepuluh) KURIKULUM 2013
PELATIHAN BAB 1
A. 1. A; 2. B; 3. C; 4. B; 5. E; 6. C; 7. E
B. 3. a. objek material: kehidupan sosial, gejala-gejala, dan proses hubungan antar
manusia
b. objek formal: manusia sebagai masyarakat
4. a. mempelajari gejala masyarakat
b. objek yang dipelajari dibatasi apa yang terjadi sekarang
c.
merupakan pengetahuan murni dan dapat menjadi ilmu terapan
d. merupakan ilmu pengetahuan yang abstrak
8. a. dapat mengkaji masyarakat
b. memahami norma, tradisi, keyakinan, dan nilai
c.
untuk melihat dan memahami kondisi masyarakat dan budayanya
d. melihat diri kita sebagai pribadi/anggota masyarakat
PELATIHAN BAB 2
A. 2. C; 4. D; 5. A; 6. A; 9. A
B. 1. nilai merupakan sesuatu yang baik yang diinginkan, dicita-citakan, dan
dianggap penting oleh warga masyarakat
3. a. nilai sosial itu dipelajari, bukan bawaan lahir
b. nilai sosial dapat ditularkan
c.
nilai sosial dapat mempengaruhi perkembangan pribadi masyarakat
d. nilai sosial mempunyai efek yang berbeda terhadap perorangan/
masyarakat
PELATIHAN BAB 3
A. 2. D; 4. B; 5. B; 6. B; 8. C; 9. C
B. 2. a. untuk menjalin hubungan persahabatan
b. untuk menjalin hubungan bidang perdagangan
c.
untuk melaksanakan kerja sama
d. untuk merundingkan masalah
4. a. kerja sama/kooperasi
b. persaingan
c.
konflik
d. akomodasi
e. asimilasi
5. a. hidup di daerah terpencil
b. tidak dapat/sulit berkomunikasi
c.
tidak berpendidikan
d. tidak ada keluarga yang mendidik dengan baik
ULANGAN AKHIR SEMESTER 1
A. 3. D; 4. D; 5. C; 6. E; 8. A; 9. D
B. 3. a. mengatur cara berpikir dan bertingkah laku secara ideal
b. berfungsi sebagai alat penguasa
c.
berfungsi sebagai alat solidaritas
d. penentu akhir manusia dalam memenuhi peranan
PELATIHAN BAB 4
A. 1. B; 2. A; 4. A; 5. D; 7. C; 8. A
B. 1. proses belajar berinteraksi dalam masyarakat sesuai dengan peranan yang
dijalankan
2. a. warisan biologis
b. lingkungan geografis
c.
lingkungan kebudayaan
d. lingkungan sekolah
e. lingkungan kerja
7. a. bersifat independen
b. menyebarkan berita secara cepat
c.
masyarakat dapat mengakses
d. alat penerapan pada masyarakat
PELATIHAN BAB 5
A. 1. B; 3. C; 5. E; 6. B; 7. C; 9. D
B. 2. a. penyimpangan dapat mutlak/relatif
b. penyimpangan terhadap budaya nyata atau budaya ideal
c.
terdapat norma-norma penghindaran
d. penyimpangan sosial bersifat adaptif
3. a. karena anomie (tanpa norma/arah)
b. karena sosialisasi tidak sempurna
c.
karena tidak ada tindakan pemerintah secara tegas
9. a. usaha mengalihkan perhatian
b. usaha lain untuk menakuti, seperti membubarkan dengan gas air mata dan
tembakan peringatan
c.
memecah belahpendapat umum kerumuman
PELATIHAN BAB 6
A. 1. B; 3. B; 4. D; 8. E; 9. E; 10. D
B. 1. aturan sosial, yaitu aturan yang dibuat masyarakat yang harus ditegakkan
berhubungan dengan nilai, norma, dan pranata sosial
2. pengendalian sosial adalah pengawasan yang dilakukan oleh masyarakat ter-
hadap jalannya pemerintahan beserta aparatnya
5. a. terwujud dalam asosiasi
b. sebagai pengatur kegiatan manusia
c.
punya tradisi baik tertulis/tak tertulis dalam merumuskan tujuan dan tata
tertib
d. terdapa lambang-lambang/simbolis sebagai cara khas institusi sosial
e. mempunyai alat perlengkapan untuk mencapai tujuan
PELATIHAN UJIAN
A. 2. A; 3. C; 5. A; 7. E; 8. B; 9. C; 11. B; 20. D
B. 1. Objek
a. objek material sosiologi dalah kehidupan sosial, gejala-gejala, dan proses
hubungan antarmanusia
b. objek formal adalah hubungan antarmanusia dan proses yang timbul dari
hubungan manusia
Pendekatan:
-
-
-
pendekatan komparatif melihat manusia secara luas
pendekatan holistik pendekatan berdasarkan pendapat bahasa
masyarakat dapat diselidiki secara keseluruhan
6. Media sosialisasi
a. media elektronika seperti TV, komputer, internet, dan radio
b. media surat kabar/majalah
7. Kepribadian dipengaruhi kebudayaan berupa
a. nilai dan norma
b. sistem budaya/sosial
c.
proses pembudayaan dari kecil sampai tua
10.
Fungsi pranata sosial
a. memberi petunjuk mengadakan sosial kontrol terhadap masyarakat
b. memberi pedoman tingkah laku
c.
menyiapkan para anggota berpartisipasi sesuai peranan yang diperlukan
d. mewujudkan beberapa kebutuhan manusia
e. tuntutan objek-objek budaya material
Demikianlah Artikel KUNCI JAWABAN Sosiologi SMA/SMK Kelas Sepuluh KURIKULUM 2013
Sekian materi KUNCI JAWABAN Sosiologi SMA/SMK Kelas Sepuluh KURIKULUM 2013, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan kali ini semoga kalian bisa kembali lagi ke sini dan mengajak teman kalian menuju ke sini supaya saya lebih semangat lagi untuk update artikel maka sebarkan link blog ini dan jangan lupa untuk komentar bisa melalui facebook juga lho komentarnya .
0 Response to "KUNCI JAWABAN Sosiologi SMA/SMK Kelas Sepuluh KURIKULUM 2013"
Posting Komentar