materi : Pembahasan Soal IPA Halaman 46-50 Kelas IX Semester 2 kurikulum 2013
Judul : Pembahasan Soal IPA Halaman 46-50 Kelas IX Semester 2 kurikulum 2013
Pembahasan Soal IPA Halaman 46-50 Kelas IX Semester 2 kurikulum 2013
Artikel ipa kelas 9,Pembahasan Soal IPA Halaman 46-50 Kelas IX Semester 2 kurikulum 2013
Selamat malam para pembaca sekalian.. Ditengah kegalauan hati dan juga kerisauan hati yang menunggu kabar.. Malam ini admin ingin membagikan postingan ini untuk Anda sekalian.
Sebelumnya admin mau minta maaf buat seseorang yang hatinya telah admin lukai. Jujur admin sedang menunggu kabar darinya sekarang. Admin lagi risau gundah dan lain-lain. Tapi masih saja admin tidak tahu harus berbuat apa(?) Jadi admin mencari penghiburan dengan memposting dan berbagi dengan para pembaca sekalian.
Admin harap pembaca dapat memberikan repons yang positif sehingga dapat membuat admin nyaman, aman, dan tenang perasaannya.
Oke langsung saja mari kita bahas bersama soal IPA halaman 46-50 Kelas IX Semester 2 ini..
1. Magnet berikut ini yang bekerja dengan memanfaatkan medan magnet bumi adalah ....
a. magnet batang
b. magnet ladam
c. magnet U
d. magnet jarum
2. Perhatikan gambar berikut!
(gambar halaman 46)
Jika sebuah magnet batang dipotong, maka keberadaan kutubnya ....
a. bagian a hanya akan memiliki kutub utara saja
b. bagian a memiliki kutub utara dan selatan
c. bagian b tidak memiliki kutub
d. bagian a dan b masing-masing hanya memiliki satu jenis kutub saja
3. Perhatikan gambar berikut!
(gambar halaman 46)
Jika sebuah paku dililiti oleh kawat yang dialiri arus listrik, maka yang akan terjadi pada paku adalah ….
a. paku akan meleleh
b. paku mampu mengalirkan listrik
c. paku dapat menjadi magnet
d. paku tidak mengalami reaksi apapun
4. Di kotak ada campuran serbuk besi dan pasir. Cara yang paling mudah untuk memisahkan serbuk besi dari pasir adalah ….
a. menuangkan air pada campuran tersebut
b. menggunakan kaca pembesar
c. menggunakan magnet
d. memanaskan campuran tersebut
5. Hewan-hewan berikut yang memanfaatkan kemagnetan bumi untuk melakukan navigasi adalah ….
a. lobster duri
b. siput
c. gurame
d. lele
6. Magnet yang kuat akan memisahkan campuran antara….
a. plastik dan kertas
b. alumunium dan seng
c. besi dan aluminium
d. emas dan perak
7. Perhatikan gambar berikut!
(gambar halaman 47)
Berikut dari keempat gambar tersebut yang menunjukkan jika dua magnet didekatkan maka akan saling tolak menolak adalah gambar….
a. 1 dan 3
b. 2 dan 3
c. 1 dan 4
d. 1, 2, 3, dan 4
8. Seorang siswa melakukan investigasi untuk menguji kekuatan magnet. Siswa tersebut memiliki beberapa magnet dengan ukuran, bentuk dan massa yang berbeda. Dia menggunakan magnet untuk mengangkat klip logam. Cara mengukur kekuatan magnet melalui investigasi yang benar adalah dengan menghitung ….
a. massa magnet yang mengangkat klip logam
b. ukuran magnet yang mengangkat klip logam
c. jumlah klip logam yang diangkat oleh magnet
d. klip logam yang tetap menempel pada magnet
9. Peralatan berikut yang memanfaatkan prinsip induksi elektromagnetik adalah….
a. kipas angin
b. jam tangan
c. lampu
d. kompor
10. Perhatikan gambar berikut ini!
(gambar halaman 48)
Arah gerak jarum galvanometer dipengaruhi oleh….
a. kecepatan gerak magnet
b. kutub magnet yang dimasukkan
c. jumlah lilitan
d. besar medan magnet
B. Uraian
1. Sebatang magnet dipotong seperti pada gambar di bawah. Tuliskan simbol N dan S pada kotak untuk menunjukkan kutub dari ujung yang dipotong!
(gambar halaman 49)
Jawaban :
2. Gambar berikut menunjukkan jarum kompas dengan label utara dan selatannya. Kompas tersebut diletakkan di dekat sebuah magnet batang seperti gambar di bawah.
(gambar halaman 49)
Gambarkan jarum kompas pada lingkaran di bawah dan beri label kutub utara dan selatannya. Jelaskan jawabanmu menggunakan pengetahuanmu tentang magnet
jawaban : Kutub utara jarum kompas akan menunjuk pada kutub selatan magnet, sebaliknya kutub selatan jarum kompas akan menunjuk pada kutub utara magnet.
3. Gambar berikut menunjukkan apa yang akan terjadi pada tiga magnet ketika ketiga magnet tersebut diletakkan berdekatan pada sebuah pensil. Magnet X dan Y bergerak sampai bersentuhan tapi magnet Y dan Z tetap terpisah.
(gambar halaman 49)
a. Jelaskan mengapa magnet X dan Y dapat bersentuhan?
b. Jelaskan mengapa magnet Y dan Z tetap terpisah?
Jawaban : a. Magnet X dan Y bersentuhan karena kutub yang saling berhadapan berbeda.
b. Magnet Y dan Z tetap terpisah karena kutub yang saling berha dapan sama.
4. Dayu memiliki dua batang logam. Dia tahu batang logam 1 merupakan magnet.
a. Bagaimana dia menggunakan batang logam 1 untuk mencari tahu jika batang logam 2 adalah magnet?
b. Apa yang seharusnya dia amati jika batang logam 2 merupakan magnet?
Jawaban : Dayu memiliki dua batang logam. Dia tahu batang logam 1 merupakan magnet.
a. Mendekatkan batang 2 ke batang 1. Caranya adalah dengan meng uji ujung-ujung batang 2 ke batang 1. Jika salah satu ujung batang 2 menolak ujung batang 1, maka dapat dipastikan batang 2 adalah magnet, karena hanya kutub magnet yang sama jenisnya yang saling tolak-menolak.
b. Gaya tolak-menolak kutub magnet yang sejenis
5. Jelaskan bagaimana prinsip kerja kereta maglev!
Jawaban : Kereta Maglev menerapkan prinsip gaya tolak menolak magnet serta didorong dengan menggunakan motor induksi
Pembahasan Soal IPA Halaman 46-50 Kelas IX Semester 2 kurikulum 2013
Demikianlah Artikel Pembahasan Soal IPA Halaman 46-50 Kelas IX Semester 2 kurikulum 2013
Sekian materi Pembahasan Soal IPA Halaman 46-50 Kelas IX Semester 2 kurikulum 2013, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan kali ini semoga kalian bisa kembali lagi ke sini dan mengajak teman kalian menuju ke sini supaya saya lebih semangat lagi untuk update artikel maka sebarkan link blog ini dan jangan lupa untuk komentar bisa melalui facebook juga lho komentarnya .
0 Response to "Pembahasan Soal IPA Halaman 46-50 Kelas IX Semester 2 kurikulum 2013"
Posting Komentar