Cara Mudah Mengatasi Kutu Beras


Rasanya jengkel jika beras yang kita simpan berkutu. Niatnya agar beras tersebut bisa dikonsumsi dalam jangka panjang, malah terkontaminasi hewan kecil ini. Kalau hal semacam ini terjadi pasti Anda akan direpotkan untuk menghilangkan kutu-kutu yang menyerang beras Anda. Bahkan jika sudah kehilangan kesabaran, jalan pintas pun mungkin akan Anda lakukan, membuang beras yang berkutu lalu membeli lagi beras yang baru. Tapi tunggu dulu, jangan terlampau jengkel, melakukan tindakan yang ekstrim atau memboroskan uang Anda. Sebenarnya ada cara mudah yang cukup efektif untuk mencegah kutu beras, namun jika sudah terlanjur beras Anda terserang kutu ada pula cara efektif untuk menghilangkannya. Anda ingin tahu? Silakan lanjut membacanya.
Untuk mencegah dan mengatasi kutu beras, beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain:
Cara pertama. Masukkan bahan berikut ke dalam beras.
  • Dua atau tiga cabe kering ke dalam wadah penyimpanan beras.
  • Siung bawang putih yang terbuka kulitnya di wadah beras.
  • 6 (enam) lembar daun belimbing wuluh
  • Daun jeruk nipis yang diletakkan di bawah, tengah dan di atas
Cara kedua. Nah, untuk cara yang kedua ini bisa Anda lakukan jika beras yang anda simpan sudah terlanjur diserang kutu. Berikut langkah-langkahnya:
  • Letakkan beras di tampah atau tempat sejenisnya, tutup dengan selembar kain putih. Letakkan di bawah terik matahari + 20 menit, setelah itu kain putih tersebut diangkat, maka akan terlihat beberapa kutu beras penuh menempel pada kain tersebut, lalu buang kutu-kutunya (kalau mau dibudidayakan juga tidak apa-apa, hehe)
  • Jemur beras di wadah yang terbuat dari metal/logam di bawah terik matahari, cara ini juga efektif untuk mengusir kutu dari beras Anda.
  • Dan cara yang terakhir, taruh beras di tampah, lalu tutup dengan kain basah. Tunggu beberapa saat, maka kutu-kutu pada beras Anda akan menempel di kain.
Bagaimana, beras anda siap untuk merdeka dari jajahan kutu? Katakan hore, jika Anda berhasil menerapkan cara-cara di atas. Semoga bermanfaat.

donny pratama

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation.

 

Copyright @ 2013 Bondowoso Community.