materi : Contoh Kerajinan Tekstil Tradisional Indonesia
Judul : Contoh Kerajinan Tekstil Tradisional Indonesia
Contoh Kerajinan Tekstil Tradisional Indonesia
Artikel prakarya dan kewirausahaan, Artikel Tugas Sekolah, Contoh Kerajinan Tekstil Tradisional IndonesiaKarya kerajinan tekstil tradisional Indonesia, secara fungsi dapat dibagi
sebagai berikut.
1) Sebagai pemenuhan kebutuhan sandang yang melindungi tubuh, seperti
kain panjang, sarung dan baju daerah
2) Sebagain alat bantu atau alat rumah tangga, seperti kain gendongan bayi
dan untuk membawa barang
3) Sebagai alat ritual (busana khusus ritual tradisi tertentu), contohnya,
a) Kain tenun Ulos
b) Kain pembungkus kafan batik motif doa
c) Kain ikat celup Indonesia Timur (penutup jenazah)
d) Kain Tapis untuk pernikahan masyarakat daerah Lampung
e) Kain Cepuk untuk ritual adat di Pulau Nusa Penida
f ) Kain Songket untuk pernikahan dan khitanan
g) Kain Poleng dari Bali untuk acara ruwatan (penyucian)
Tekstil tradisional Indonesia berkembang dengan kreativitas setempat baik
pengaruh dari suku maupun bangsa lain. Secara geogra s, posisi Indonesia
terletak pada persimpangan kebudayaan besar, antara dua benua Asia dan
Australia, serta dua samudra, yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasi k.
Gelombang kontak perdagangan yang melewati wilayah negara kepulauan
Indonesia memberikan pengaruh dan mengakibatkan akulturasi (percampuran)
budaya yang tampak pada pengembangan karya kerajinan tekstil di Indonesia.
Kain-kain tradisional di wilayah kepulauan Indonesia ini pada awalnya
merupakan alat tukar/ barter yang dibawa oleh pedagang pendatang dengan
penduduk asli saat membeli hasil bumi dan rempah-rempah di Indonesia.
Sekitar abad ke-15 Masehi, pedagang muslim Arab dan India melakukan kontak
dagang dengan mendatangi pulau Jawa dan Sumatra. Pengaruh Islam secara
langsung dapat dilihat pada tekstil Indonesia. Beberapa batik yang dibuat di
Jambi dan Palembang di Sumatra, serta di Utara Jawa, dibuat dengan
menggunakan ayat-ayat yang berasal dari bahasa Arab Al Qur’an.
Di Indonesia juga terdapat kain sarung kotak-kotak dan polos yang banyak
digunakan di Semenanjung Arab, Timur Laut Afrika, Asia Selatan, Asia Tenggara,
dan Kepulauan Pasi k. Pada abad ke-13 pedagang Gujarat memperkenalkan
Patola, yaitu kain dengan teknik tenun ikat ganda dari benang sutra yang
merupakan busana Gujarat, Barat Laut India. Proses pembuatan kain Patola
sangat rumit sehingga di India kain ini digunakan dalam berbagai upacara yang
berhubungan dengan kehidupan manusia, seperti kelahiran, perkawinan dan
kematian juga sebagai penolak bala.
Melalui perdagangan dengan bangsa Gujarat, keberadaan kain Patola terse-
bar luas di kepulauan Nusantara. Kain Patola umumnya hanya dimiliki oleh
kalangan terbatas. Penduduk setempat yang telah memiliki keterampilan
menenun pun mencoba mereproduksi kain yang sangat berharga tersebut
dengan tenun ikat pakan. Di Maluku, kain ini sangat dihargai dan dikenakan
dengan cara dililitkan di pinggang atau leher. Para penenun di Nusa Tenggara
Timur mengembangkan corak kain tenun yang dipengaruhi oleh corak yang
terdapat pada kain Patola, dengan corak yang berbeda untuk raja, pejabat, dan
kepala adat dalam jumlah yang sangat terbatas dan hanya dikenakan pada
upacara–upacara adat. Kain Patola dari Lio NTT ini ada yang dibuat sepanjang
4 meter yang disebut katipa berfungsi sebagai penutup jenazah.
Motif Patola juga dikembangkan menjadi kain Cinde di daerah Jawa Tengah.
Kain Cinde tidak dibuat dengan teknik tenun ikat ganda, tetapi dibuat dengan
teknik direct print, cap atau sablon. Kain ini digunakan sebagai celana dan kain
panjang untuk upacara adat, ikat pinggang untuk pernikahan, serta kemben
dan selendang untuk menari. Kain serupa terdapat pula di Palembang, disebut
kain Sembagi. Sembagi yang berwarna terang digunakan pada upacara mandi
pengantin dan hiasan dinding pada upacara adat. Kain Sembagi yang berwarna
gelap digunakan untuk penutup jenazah.
Motif Patola memengaruhi motif batik Jlamprang yang berwarna cerah yang
berkembang di Pekalongan, dan motif Nitik yang berkembang di Yogyakarta
dan Surakarta yang berwarna sogan (kecokelatan), indigo (biru), kuning dan
putih. Corak Patola juga berkembang di Pontianak, Gorontalo, dan kain tenun
Bentenan di Menado.
Kain dengan teknik tenun ikat ganda dibuat di Desa Tenganan Pegeringsingan
di Bali. Kain sakral tersebut dikenal dengan nama kain Gringsing yang artinya
bersinar. Teknik tenun ikat ganda hanya dibuat di tiga daerah di dunia, yaitu di
Desa Tenganan Bali, Indonesia (kain Gringsing), di Kepulauan Okinawa, Jepang
(tate-yoko gasuri) dan Gujarat India (kain Patola). Teknik tenun ikat ganda adalah
tenun yang kedua arah benangnya, baik benang pada lungsin maupun pakan
diwarnai dengan teknik rintang warna untuk membentuk motif tertentu.
Contoh Kerajinan Tekstil Tradisional Indonesia
Demikianlah Artikel Contoh Kerajinan Tekstil Tradisional Indonesia
Sekian materi Contoh Kerajinan Tekstil Tradisional Indonesia, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan kali ini semoga kalian bisa kembali lagi ke sini dan mengajak teman kalian menuju ke sini supaya saya lebih semangat lagi untuk update artikel maka sebarkan link blog ini dan jangan lupa untuk komentar bisa melalui facebook juga lho komentarnya .
0 Response to "Contoh Kerajinan Tekstil Tradisional Indonesia"
Posting Komentar