Label

kunci Jawaban Tugas bahasa Indonesia kelas 12 Kurikulum 2013 8 sampai 12 semester 2

kunci Jawaban Tugas bahasa Indonesia kelas 12 Kurikulum 2013 8 sampai 12 semester 2 - come back sahabat Hallo sahabat bondowoso community kunci Jawaban Tugas bahasa Indonesia kelas 12 Kurikulum 2013 8 sampai 12 semester 2, Pada sharing bondowoso community kali ini yang berjudul kunci Jawaban Tugas bahasa Indonesia kelas 12 Kurikulum 2013 8 sampai 12 semester 2, kali ini saya sebagai admin ganteng :v akan membuat artikel semoga artikel ini sangat sangat sangat membantu anda semua yang sedang pusing mencari cari di google jangan lupa sebarkan juga ya supaya teman kalian tau bahwa blog ini sagat berguna :v

materi : kunci Jawaban Tugas bahasa Indonesia kelas 12 Kurikulum 2013 8 sampai 12 semester 2
Judul : kunci Jawaban Tugas bahasa Indonesia kelas 12 Kurikulum 2013 8 sampai 12 semester 2

lihat juga


kunci Jawaban Tugas bahasa Indonesia kelas 12 Kurikulum 2013 8 sampai 12 semester 2

Artikel bahasa indonesia, selamat datang di semester 2 
kunci Jawaban Tugas bahasa Indonesia kelas 12 Kurikulum 2013 8 sampai 12 semester 2 


kunci Jawaban Tugas bahasa Indonesia kelas 12 Kurikulum 2013 23 sampai 24 semester 2
http://bondowoso-jawa.blogspot.co.id/2016/01/kunci-jawaban-tugas-bahasa-indonesia-23-24-semester2.html
kunci Jawaban Tugas bahasa Indonesia kelas 12 Kurikulum 2013 16 sampai 18 semester 2
http://bondowoso-jawa.blogspot.co.id/2016/01/kunci-jawaban-tugas-bahasa-indonesia-16-18-semester2.html
kunci Jawaban Tugas bahasa Indonesia kelas 12 Kurikulum 2013 13 sampai 14 semester 2
http://bondowoso-jawa.blogspot.co.id/2016/01/kunci-jawaban-tugas-bahasa-indonesia-13-14-semester2.html
kunci Jawaban Tugas bahasa Indonesia kelas 12 Kurikulum 2013 8 sampai 12 semester 2
http://bondowoso-jawa.blogspot.co.id/2016/01/jawaban-bahasa-indonesia-hal-8-12-semester-2.html
kunci Jawaban Tugas bahasa Indonesia kelas 12 Kurikulum 2013 28 sampai 29 semester 2 http://bondowoso-jawa.blogspot.co.id/2016/01/kunci-jawaban-tugas-bahasa-indonesia-28-29-semester2.html kunci Jawaban Tugas bahasa Indonesia kelas 12 Kurikulum 2013 30 sampai 31 semester 2 http://bondowoso-jawa.blogspot.co.id/2016/01/kunci-jawaban-tugas-bahasa-indonesia-30-31-semester2.html


Pada Tugas 1 ini, kalian diajak untuk memahami struktur teks opini/
editorial  dengan  menguak  teks  “Menjual  Sembari  Menjaga  Nirwana”  yang
menjadi teks model dalam Pelajaran 4. Perhatikanlah secara saksama teks
berikut ini dan bacalah.
Setelah  kalian  membaca  teks  “Menjual  Sembari  Menjaga  Nirwana
tersebut, cobalah kalian diskusikan beberapa hal berikut.

Pada Tugas 1 ini, kalian diajak untuk memahami struktur teks opini/ editorial dengan menguak teks “Menjual Sembari Menjaga Nirwana” yang menjadi teks model dalam Pelajaran 4. Perhatikanlah secara saksama teks. berikut ini dan bacalah.

Setelah kalian membaca teks “Menjual Sembari Menjaga Nirwana” tersebut, cobalah kalian diskusikan beberapa hal berikut.

(1) Setujukah kalian bahwa penulis teks tersebut ingin mengemukakan pendapatnya?

Jawaban : Iya saya setuju. Penulis dari teks “ Menjual Sembari Menjaga Nirwana “ Memang hanya ingin mengemukakan pendapatnya saja. Namun selain itu juga membuka pandangan kita bahwasanya masih banyak tempat wisata yang dapat kita kunjungi di Indonesia ini dan bila kita dapat serta mau menjaganya maka akan terlestarikan.

(2) Apakah penulis sekadar ingin menjelaskan pandangannya mengenai persoalan yang diangkatnya, atau juga bermaksud memengaruhi pembaca agar menyetujui pemikirannya?

Jawaban : Menurut saya, penulis tidak hanya ingin menjelaskan pandangannya saja namun juga bermaksud agar pembaca menyetujui pemikirannya.

(3) Sebutkan alasan kalian mengapa teks “Menjual Sembari Menjaga Nirwana” ini bisa disebut teks opini/editorial.

Jawaban : Menurut saya, teks “Menjual Sembari Menjaga Nirwana “ biasa disebut teks opini atau editorial karena ada unsur pendapat sang penulis. Dan dalam teks tersebut lebih ditekankan mengenai pendapat penulis tentang berbagai peristiwa yang menyangkut pariwisata, wisatawan, dll yang ada di Indonesia.

(4) Argumentasi apa saja yang dikemukakan oleh penulis dalam teks “Menjual Sembari Menjaga Nirwana”?

Jawaban : Argumentasi Penulis

“ Selama ini pemerintah hanya menjual Bali dan Bali, atau—kalau mau dikatakan agak berpandangan luas sedikit—bergesernya pun paling-paling hanya ke Yogyakarta dan Danau Toba. Padahal tempat-tempat itu tidak perlu “dijual” lagi dan sebaiknya dibiarkan jalan sendiri. “

“ Pemerintah seharusnya bisa menaikkan jumlah wisatawan asing yang datang ke negeri ini. Tahun lalu, menurut catatan Badan Pusat Statistik, hanya ada 8 juta wisatawan asing yang datang berkunjung ke Indonesia. Jangankan dibandingkan dengan Prancis yang mampu mendatangkan 83 juta turis tahun lalu, jumlah wisatawan asing ke Indonesia masih jauh dari Malaysia, yang menurut United Nations World Tourism Organization kedatangan 25 juta pelancong pada 2012. Ini menempatkan Malaysia pada peringkat ke-10 negara dengan jumlah wisatawan asing terbanyak. “
5. 

Berdasarkan isi teks opini/editorial di atas, terdapat beberapa argumentasi penulis. Tentukanlah apakah kalian setuju atau tidak pada pendapat tersebut dengan membubuhkan tanda centang (ѵ) pada kolom (S) jika setuju dan pada kolom (TS) jika tidak setuju.


No.
Argumentasi
S
TS
1.
Keindahan sejumlah tempat terancam oleh eksploitasi alam yang salah dan serakah.

2.
Dengan ribuan “surga yang tersembunyi” itu, pemerintah seharusnya bisa menaikkan jumlah wisatawan asing yang datang ke negeri ini.

3.
Problem utama dari tidak berkembangnya pariwisata di Indonesia adalah ceteknya kesadaran akan potensi yang kita miliki.

4.
Selain membangun infrastruktur—seperti akses ke tempat itu—dan sarana semisal transportasi dan penginapan, pemerintah harus lebih serius memikirkan program-program untuk membungkus potensi ini agar lebih menarik.

5.
Selama ini pemerintah hanya menjual Bali dan Bali, atau—kalau mau dikatakan agak berpandangan luas sedikit—bergesernya pun paling-paling hanya ke Yogyakarta dan Danau Toba. Padahal tempat-tempat itu tidak perlu “dijual” lagi dan sebaiknya dibiarkan jalan sendiri.


(6) Kemukakanlah pendapat kalian tentang beberapa pernyataan berikut ini.

(a) Dengan pariwisata, daerah bisa mendapatkan penghasilan sekaligus memelihara alam selingkungannya. Apa yang dimaksud dengan pernyataan tersebut?

Jawaban : Yang dimaksud dari pernyataan diatas adalah bagaimana daerah dapat meningkatkan daerahnya sebagai tempat pariwisata yang banyak dikunjungi maka daerah tersebut dapat mendapatkan penghasilan lebih dari hal tersebut . Apalagi bila dapat mendapatkan banyak pengunjung , maka akan lebih besar penghasilan yang didapatkan.

(b) Setujukah kalian dengan pernyataan: Resor tumbuh menjamur, tetapi kontribusi mereka kepada ekonomi daerah amat minimal.

Jawaban : Saya setuju karena meski saya belum mengetahui fakta, bila dilogika, Resor akan memberikan konstribusi besar bilamana adanya bayak turis yang datang didaerah tersebut.
Saya tidak setuju karena bilamana resor disuatu daerah bisa sampai menjamur  maka pendapatan suatu daerah tentu besar, karena bila tidak resor tidak akan menjamur selain itu karena mereka membayar pajak.

 (c) Mungkin ini merupakan bentuk “protes” mereka kepada pemerintah daerah yang tidak serius membangun prasarana wisata di sana. Apa yang dimaksudkan pengarang dengan kata “protes” pada pernyataan ini?

Jawaban : Yang dimaksud oleh protes mereka kepada pemerintah daerah yang tidak serius membangun prasarana wisata disana adalah kurangnya pandapatan suatu daerah oleh mana dari hasil-hasil resor atau kurangnya konstribusi dari resor yan ada disuatu daerah tersebut.

(7) Judul teks tersebut adalah “Menjual Sembari Menjaga Nirwana”. Apa yang hendak dijual di sini?

Jawaban : Yang dimaksud oleh teks “ Menjual Sembari Menjaga Nirwana “ yang dijual adalah sebuah hal yang begitu berharga yaitu kekayaan alam Indonesia yang belum dimanfaatkan dan diibaratkan sebagai Nirwana yang indah dan tentunya perlu halnya untuk kita jaga selain kita menjualnya.


(8) Bacalah kembali teks dan tandailah kalimat utama yang ada dalam tiap paragraf. Misalnya: Indonesia adalah surga sekaligus kisah nyata, bukan isapan jempol belaka atau romantisme dari masa lalu. Ada begitu banyak tempat indah yang tersembunyi dan masih perawan. Sayangnya, tempat-tempatitu belum digarap serius sebagai tujuan wisata. Jangankan membuatprogram wisata yang kreatif, membangun prasarananya saja kerap tidak dilakukan pemerintah. Dalam paragraf pertama tersebut terdapat kalimat yang dicetak miring.

Kalimat itu merupakan kalimat utama paragraf tersebut. Sekarang, carilah kalimat utama pada    tiap paragraf dalam teks berikut.

(a) Kalimat utama paragraf kedua Dalam beberapa tahun trakhir , bahkan keindahan sejumlah tempat terancam oleh eksploitasi alam yang salah dan serakah.

(b) Kalimat utama paragraf ketiga Dikepulauan Togean, Sulawesi tengah, Terpampang nyata sebuah ironi.

(c) Kalimat utama paragraf keeempat Kepulauan Mentawan, Sumatera Barat memiliki pmbak terbaik untuk berselancar.

(d) Kalimat utama paragraf kelima Dengan ribuan “ Surga yang tersembunyi “ itu, pemerintah seharusnya bisa menaikkan jumlah wisatawan asing yang datang ke negara Indonesia.

(e) Kalimat utama paragraf keenam Problem utama dan tidak berkembangnnya pariwisata di Indonesia adalah ceteknya kesadaran akan potensi yang kita miliki.


(f) Kalimat utama paragraf ketujuh Kesadaran menjaga alam dan mengembangkan potensi wisata justru datang dari operator wisata.

(g) Kalimat utama paragraf kedelapan Selain membangun infrastruktur—seperti akses ke tempat itu—dan sarana semisal transportasi dan penginapan, pemerintah harus lebih serius memikirkan program-program untuk membungkus potensi ini agar lebih menarik.

(h) Kalimat utama paragraf kesembilan selama ini pemerintah hanya menjual Bali atau Yogya, padahal sebaiknya tidak perlu dijual namun lebih memperhatikan tempat lain.

(i) Kalimat utama paragraf kesepuluh Indonesia memang surga sekaligus kisah nyata.

(9) Pada tugas ini kalian diharapkan dapat menangkap fungsi sosial teks opini melalui pemahaman ciri kebahasaan yang ada dalam teks “Menjual Sembari Menjaga Nirwana” tersebut. Sebuah teks opini biasanya mengupas tuntas suatu masalah aktual tertentu dengan tujuan memberi tahu, memengaruhi, meyakinkan, atau bisa juga sekadar menghibur pembacanya. Oleh sebab itu, bahasa yang digunakan untuk mengekspresikan opini tersebut harus mengungkapan tujuan. Dalam menyatakan sebuah informasi, kata-kata dipilih secara hati-hati untuk mengekspresikan sikap dan sudut pandang penulis. Setelah membaca teks “Menjual Sembari Menjaga Nirwana” itu dengan saksama, tergambar tujuan penulis. Jelaskanlah bagaimana cara penulis teks mengungkapkan tujuannya melalui teks opini/editorial.



Demikianlah Artikel kunci Jawaban Tugas bahasa Indonesia kelas 12 Kurikulum 2013 8 sampai 12 semester 2

Sekian materi kunci Jawaban Tugas bahasa Indonesia kelas 12 Kurikulum 2013 8 sampai 12 semester 2, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan kali ini semoga kalian bisa kembali lagi ke sini dan mengajak teman kalian menuju ke sini supaya saya lebih semangat lagi untuk update artikel maka sebarkan link blog ini dan jangan lupa untuk komentar bisa melalui facebook juga lho komentarnya .

Anda sedang membaca artikel kunci Jawaban Tugas bahasa Indonesia kelas 12 Kurikulum 2013 8 sampai 12 semester 2 dan artikel ini url permalinknya adalah http://bondowoso-jawa.blogspot.com/2016/01/jawaban-bahasa-indonesia-hal-8-12-semester-2.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "kunci Jawaban Tugas bahasa Indonesia kelas 12 Kurikulum 2013 8 sampai 12 semester 2"

Posting Komentar