Label

PENGERTIAN/DEFINISI PENDEKATAN SAINTIFIK, PRINSIP PEMBELAJARAN DAN LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013

PENGERTIAN/DEFINISI PENDEKATAN SAINTIFIK, PRINSIP PEMBELAJARAN DAN LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013 - come back sahabat Hallo sahabat bondowoso community PENGERTIAN/DEFINISI PENDEKATAN SAINTIFIK, PRINSIP PEMBELAJARAN DAN LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013, Pada sharing bondowoso community kali ini yang berjudul PENGERTIAN/DEFINISI PENDEKATAN SAINTIFIK, PRINSIP PEMBELAJARAN DAN LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013, kali ini saya sebagai admin ganteng :v akan membuat artikel semoga artikel ini sangat sangat sangat membantu anda semua yang sedang pusing mencari cari di google jangan lupa sebarkan juga ya supaya teman kalian tau bahwa blog ini sagat berguna :v

materi : PENGERTIAN/DEFINISI PENDEKATAN SAINTIFIK, PRINSIP PEMBELAJARAN DAN LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013
Judul : PENGERTIAN/DEFINISI PENDEKATAN SAINTIFIK, PRINSIP PEMBELAJARAN DAN LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013

lihat juga


PENGERTIAN/DEFINISI PENDEKATAN SAINTIFIK, PRINSIP PEMBELAJARAN DAN LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013

Artikel kurikulum 2013,
PENGERTIAN/DEFINISI PENDEKATAN SAINTIFIK, PRINSIP PEMBELAJARAN DAN LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013
Sahabat Edukasi yang sedang berbahagia...

Pembelajaran dengan pendekatan saintifik adalah pembelajaran yang terdiri atas kegiatan mengamati (untuk mengidentifikasi hal-hal yang ingin diketahui), merumuskan pertanyaan (dan merumuskan hipotesis), mencoba/mengumpulkan data (informasi) dengan berbagai teknik, mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data (informasi) dan menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap. Langkah-langkah tersebut dapat dilanjutkan dengan kegiatan mencipta.


Kurikulum 2013 mengembangkan sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik. (Permendikbud Nomor 54/2013) Bagaimana Kurikulum 2013 memfasilitasi peserta didik memperoleh nilai-nilai, pengetahuan, dan keterampilan secara berimbang?, bagaimana proses pembelajaran dilaksanakan?

Prinsip-prinsip kegiatan pembelajaran dengan pendekatan saintifik kurikulum 2013, yakni :

1.      peserta didik difasilitasi untuk mencari tahu;
2.      peserta didik belajar dari berbagai sumber belajar;
3.      proses pembelajaran menggunakan pendekatan ilmiah;
4.      pembelajaran berbasis kompetensi;
5.      pembelajaran terpadu;
6.      pembelajaran yang menekankan pada jawaban divergen yang memiliki kebenaran multi dimensi;
7.      pembelajaran berbasis keterampilan aplikatif;
8.      peningkatan keseimbangan, kesinambungan, dan keterkaitan antara hard-skills dan soft-skills;
9.      pembelajaran yang mengutamakan pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik sebagai pembelajar sepanjang hayat;
10.  pembelajaran yang menerapkan nilai-nilai dengan memberi keteladanan (Ing Ngarso Sung Tulodo), membangun kemauan (Ing Madyo Mangun Karso), dan mengembangkan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran (Tut Wuri Handayani);
11.    pembelajaran yang berlangsung di rumah, di sekolah, dan di masyarakat;
12.    pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran;
13.    pengakuan atas perbedaan individualdan latar belakang budaya peserta didik; dan
14.    suasana belajar menyenangkan dan menantang. 

Berikut contoh kegiatan belajar dan deskripsi langkah-langkah pendekatan saintifik pada pembelajaran kurikulum 2013 adalah:

1.   Mengamati: membaca, mendengar, menyimak, melihat (tanpa atau dengan alat) untuk mengidentifikasi hal-hal yang ingin diketahui - Mengamati dengan indra (membaca, mendengar, menyimak, melihat, menonton, dan sebagainya) dengan atau tanpa alat.

2.   Menanya: mengajukan pertanyaan tentang hal-hal yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati - Membuat dan mengajukan pertanyaan, tanya jawab, berdiskusi tentang informasi yang belum dipahami, informasi tambahan yang ingin diketahui, atau sebagai klarifikasi.

3.   Mencoba/mengumpulkan data (informasi): melakukan eksperimen, membaca sumber lain dan buku teks, mengamati objek/kejadian/aktivitas, wawancara dengan narasumber - Mengeksplorasi, mencoba, berdiskusi, mendemonstrasikan, meniru bentuk/gerak, melakukan eksperimen, membaca sumber lain selain buku teks, mengumpulkan data dari nara sumber melalui angket, wawancara, dan memodifikasi/ menambahi/mengembangkan.

4.   Mengasosiasikan/mengolah informasi: SISWA mengolah informasi yang sudah dikumpulkan baik terbatas dari hasil kegiatan mengumpulkan/eksperimen mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi - mengolah informasi yang sudah dikumpulkan, menganalisis data dalam bentuk membuat kategori, mengasosiasi atau  menghubungkan fenomena/informasi yang terkait dalam rangka menemukan suatu pola, dan menyimpulkan.

5.   Mengkomunikasikan: SISWA menyampaikan hasil pengamatan, kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya - menyajikan laporan dalam bentuk bagan, diagram, atau grafik; menyusun laporan tertulis; dan menyajikan laporan meliputi proses, hasil, dan kesimpulan secara lisan.

6.   (Dapat dilanjutkan dengan) Mencipta: SISWA menginovasi, mencipta, mendisain model, rancangan, produk (karya) berdasarkan pengetahuan yang dipelajari.

PENGERTIAN/DEFINISI PENDEKATAN SAINTIFIK, PRINSIP PEMBELAJARAN DAN LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013


Demikianlah Artikel PENGERTIAN/DEFINISI PENDEKATAN SAINTIFIK, PRINSIP PEMBELAJARAN DAN LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013

Sekian materi PENGERTIAN/DEFINISI PENDEKATAN SAINTIFIK, PRINSIP PEMBELAJARAN DAN LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan kali ini semoga kalian bisa kembali lagi ke sini dan mengajak teman kalian menuju ke sini supaya saya lebih semangat lagi untuk update artikel maka sebarkan link blog ini dan jangan lupa untuk komentar bisa melalui facebook juga lho komentarnya .

Anda sedang membaca artikel PENGERTIAN/DEFINISI PENDEKATAN SAINTIFIK, PRINSIP PEMBELAJARAN DAN LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013 dan artikel ini url permalinknya adalah http://bondowoso-jawa.blogspot.com/2016/12/pengertiandefinisi-pendekatan-saintifik.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "PENGERTIAN/DEFINISI PENDEKATAN SAINTIFIK, PRINSIP PEMBELAJARAN DAN LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013"

Posting Komentar